Kasi SD Bidang Pendas Disdik tengah memberikan materi Pembinaan Kurtilas di SD Prestasi Global, Kecamatan Panmas. (Istimewa).

depok.go.id-Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Barat mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Guru Sasaran (GS) Kurikulum 2013 (Kurtilas) secara mandiri. Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 guru SD dari berbagai wilayah Kota Depok, seperti Kecamatan Limo, Kecamatan Pancoran Mas, dan Kecamatan Cipayung.

Kesepuluh peserta tersebut merupakan perwakilan dari sekolah yang tergabung dalam induk klaster SD Prestasi Global. Pelatihan ini digelar selama dua hari, dari tanggal 30-31 Juli 2018.

“Pelatihan ini diselenggarakan agar semua guru mendapatkan pembinaan Kurtilas. Diharapkan, materi-materi yang didapatkan saat pembinaan, bisa diimplementasikan saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),” kata Kepala Seksi (Kasi) SD Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) Disdik, Sada kepada depok.go.id, Selasa (31/07/2018).

Sada mengatakan, selama dua hari itu, para peserta digembleng dengan berbagai macam materi. Di antaranya, penguatan pendidikan karakter, manajemen sekolah, literasi sekolah, penyusunan silabus program, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Sementara itu, Kepala SD Prestasi Global, Ahmad Faisal menuturkan, pelatihan Kurtilas disampaikan oleh empat instruktur. Tiga dari pengawas SD, satu orang dari Dinas Pendidikan (Disdik) yaitu Sada selaku Kasi SD Bidang Pendas.

Ahmad menambahkan, proses pembinaan Kurtilas dibagi dalam dua tahap. Pertama, belajar secara mendalam terkait Kurtilas saat proses pembinaan (in learning service). Dilanjutkan, penerapan Kurtilas di masing-masing sekolah (on learning service).

“Nanti ada penilaian dan pendampingan dari para instruktur yang mengisi materi hari ini, sehingga metode belajar di kelas sudah dialogis atau bersifat dua arah,” tutupnya.

Penulis : Pipin Nurullah
Editor: Dunih
Diskominfo

Bagikan post melalui :