depok.go.id-Berbekal persiapan yang matang, Forum Kota Depok sehat (FKDS) optimistis Kota Depok mampu meraih peringkat Swasti Saba Wistara pada Penilaian Kota Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019. Keyakinan ini, karena pada tahun 2017 Kota Depok juga sudah mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda.

“Mulai tahun 2013-2015 kita meraih Padapa, tahun 2017 Wiwerda. Mudah-mudahan dengan persiapan yang sudah kita lakukan mampu mengantarkan Kota Depok meraih Wistara di tahun ini,” tutur Ketua FKDS, Elly Farida kepada depok.go.id, usai mengadiri kegiatan Verifikasi Kota Sehat di Posyandu Lily, RW 15, Kelurahan Pondok Petir, Bojongsari, Sabtu, (31/08/2019).

Bunda Elly mengatakan, pada penilaian Kota Sehat ini terdapat tujuh tatanan yang diajukan. Yaitu, kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

“Hanya 7 tatanan yang kita ajukan dari 9 tatanan yang ada, karena dua tatatan yang lain yaitu kawasan pertambangan sehat dan hutan sehat kita tidak punya,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk menghadapi penilaian verifikasi tahun 2019 pihaknya fokus kepada penetapan indikator tatanan dan kegiatan, serta dokumen pendukungnya. Hal ini dibutuhkan kerja sama seluruh elemen, baik yang di Perangkat Daerah (PD), FKDS, FKKS, Pokja Kota Sehat, kecamatan, maupun kelurahan.

“Tentunya semua ini tidak lepas dari sinergitas seluruh pihak terkait. Mudah-mudahan dengan dukungan dari berbagai pihak yang dapat membantu Pemkot Depok dalam mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Sehat sesuai dengan salah satu program unggulannya yaitu Smart Healthy City atau Depok Kota Sehat,” tandasnya.

Penulis : Jose Marques

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :