depok.go.id – Jelang detik-detik pergantian tahun, bahan kebutuhan pokok maupun barang pendukung lainnya cenderung mengalami lonjakan harga. Kenaikan harga tersebut disebabkan meningkatnya jumlah pembelian oleh konsumen meskipun pasokan bahan pokok tetap stabil. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok, Agus Suherman, mengatakan kenaikan harga bergantung pada pola pembelian konsumen, khususnya di momen hari besar keagamaan atau tahun baru. Para pedagang umumnya akan menaikkan harga jika ada peningkatan pembelian. Agus mengimbau sebaiknya konsumen membatasi dengan membeli sesuai dengan kebutuhan.

“Kalau konsumen membeli pasokan kebutuhan secara besar-besaran, pedagang biasanya menaikkan harga karena melihat adanya peningkatan kebutuhan. Biasanya ini terjadi di momen hari besar saja, kenaikkan bisa sangat signifikan,” terang Agus, Rabu (30/12/2015).

Agus meminta kepada warga Depok untuk menjadi konsumen cerdas dalam menyiasati momen hari besar, serta tidak terpengaruh dan membeli dengan jumlah sangat besar, karena takut kehabisan pasokan.

Dirinya pun menuturkan bahwa untuk momen Hari Natal lalu dan momen tahun baru 2016 saat ini, pihaknya memastikan bahwa pasokan masih aman. Hal ini terlihat dari tingkat kepercayaan supplier yang terbilang tinggi di Depok. Hal tersebut artinya supplier percaya jika di Depok, pergerakan ekonomi sangat maju, sehingga dalam menyuplai barang pasti akan ada pergerakan pembelian.

“Tingkat kepercayaan supplier tinggi, jadi jangan khawatir akan kehabisan stok,” ujar mantan Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok ini.

Pihaknya pun menghimbau pada pedagang di Depok untuk tidak menaikkan harga sembarangan dan menimbun pasokan karena ingin dinaikkan harganya.

“Menimbun itu permainan pedagang agar permintaan banyak dan harga dinaikkan. Kami selalu mengimbau dan sidak langsung ke lapangan (pasar-red) tiap sepekan dua kali, guna mengecek harga kebutuhan bahan pokok,” tutupnya. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo).

Bagikan post melalui :