pesapon2depok.go.id – Meski kebersihan Kota Depok harus tetap terjaga, namun keselamatan pesapon (penyapu jalan) juga jadi hal yang utama bagi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Dengan memodernisasi peralatan berupa mobil road sweeper, kini tugas pesapon menyapu jalan yang ramai kendaraan sudah mulai digantikan dengan mobil penyapu otomatis tersebut.

“Dengan road sweeper ini, pekerjaan pesapon yang rawan sekali mengalami kecelakaan di jalan dapat diminimalisir dengan kendaraan ini. Kami tidak ingin ada nyawa sia-sia yang jatuh di jalan,” ujar Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Kusumo, di Balai Kota, Minggu (31/12/17).

Dirinya menyebut, dalam tiga tahun terakhir telah terjadi kecelakaan yang dialami oleh tujuh orang pesapon. Armada ini diharapkan bisa mengurangi risiko kecelakaan dan untuk melindungi pesapon dalam bekerja, khususnya di jalan besar yang padat dengan arus lalu lintas.

“Mereka hanya luka ringan dan biaya pengobatan ditanggung BPJS,” jelasnya.

Walaupun saat ini baru memiliki satu unit, kata Kusumo, secara bertahap pihaknya akan menambah jumlah road sweeper di Kota Depok. Karena kendaraan ini juga mampu meminimalisir waktu pekerjaan pengangkatan sampah, dibanding jika dilakukan dengan cara manual.

“Road sweeper ini mampu menyedot beragam jenis sampah di jalan. Sehingga dapat bekerja efektif dan efisien untuk membersihkan sampah setiap harinya. Mudah-mudahan tahun depan jumlahnya bisa kita tambah,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :