50 petugas Linmas, ikuti Pelatihan SAR di Aula Sekarpeni, Kecamatan Pancoran Mas, beberapa waktu lalu. (Foto : Istimewa)

depok.go.id-Untuk meningkatkan kapasitas, 50 petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC), belum lama ini dikenalkan cara penanggulangan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Kegiatan ini dilakukan, mengingat Linmas merupakan garda terdepan keamanan di lingkungan masyarakat.

“Sebelum pelatihan SAR (Search and Rescue) digelar, kami juga telah memberikan pelatihan kesamaptaan kepada Linmas yang berada dibawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Tujuannya adalah agar personel Linmas dapat memberikan pertolongan pertama kepada warga yang terkena musibah,” ujar Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Satpol PP Kota Depok, Nelson Da Silva Gomes, di ruang kerjanya, Senin (31/12/18).

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok sebagai narasumber serta Taruna Siaga Bencana (Tagana).

“Waktu itu, kami juga telah memberikan pelatihan yang diisi oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari pelatihan sebelumnya. Untuk pelatihan SAR ini kami mengenalkan anggota Linmas, bagaimana mengambil sikap jika terjadi peristiwa atau musibah kepada masyarakat di wilayah,” terangnya.

Diakuinya, anggota Linmas di lapangan harus bisa mengambil sikap dalam memberikan pertolongan pertama. Baik kejadian bencana, kriminalitas maupun kegawatdaruratan.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan ini, dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Linmas untuk menghadapi tantangan tugas yang semakin berat,” kata Nelson.

Senada dengan itu, Rahmat, salah satu Linmas dari Kelurahan Depok mengaku antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, pelatihan SAR bisa diaplikasikan di wilayahnya, jika terjadi bencana.

“Bagus acara ini, untuk meningkatkan kewaspadaan dan menanggulangi permasalahan khususnya jika terjadi bencana,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita

Editor : Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :