Temukan informasi terkini dengan mengikuti akun resmi sosial media kami

Struktur Daerah

Depok adalah sebuah kota yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat, Indonesia. Lokasi kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor. Dahulu Depok adalah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang kemudian mendapat status Kota pada tanggal 27 April 1999. Pada tahun 2021, jumlah penduduk Kota Depok sebanyak 1.886.890 jiwa dengan kepadatan 9.421 jiwa/km².

Depok awalnya dikenal dengan nama Gemeente Depok atau desa otonom pada zaman Hindia Belanda. Kota Depok sebagai wilayah termuda di Jawa Barat, mempunyai luas wilayah sekitar 200,29 km2. Kondisi geografisnya dialiri oleh sungai-sungai besar yaitu Sungai Ciliwung dan Cisadane serta 13 sub Satuan Wilayah Aliran Sungai. Di samping itu juga terdapat 26 Situ yang terbentang.

Secara administratif wilayah yang berdasarkan Undang-Undang No.15 Tahun 1999 tentang terbentuknya Kota Depok, pada tanggal 27 April 1999, Kota Administratif Depok berubah menjadi Kotamadya. Sejak saat itu Kota Depok memiliki batas-batas wilayahnya sendiri.

Wilayah Kota Depok berbatasan dengan tiga kabupaten dan satu Provinsi. Batas-batas wilayah Kota Depok secara jelas adalah sebagai berikut:

a.       Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Ciputat Kabupaten Tangerang Selatan dan Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

b.      Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi dan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.

c.       Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Cibinong dan Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor.

d.     Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Parung dan Kecamatan Gunungsindur Kabupaten Bogor.